Minggu, 21 Maret 2010

Hermes Si Dewa Keberuntungan

Hermes adalah salah satu dewa dalam mitologi Yunani, yang dianggap sebagai dewa keberuntungan, dewa pelindung bagi kaum pedagang, dan juga dewa pengirim berita. Dalam mitologi Romawi, ia disebut juga sebagai Mercurius. Hermes adalah anak Zeus dan Maia.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjlIQB1LnxwIoX21OfJwXOaZfL5X_ws8LuGOuMA877gWqZ2t5ZzoUDuu5iSoXxEMR6UD4jJIi3OuhT-tA2sfyz1d0wVWieTzeqfwLXFHA08a61RbbdAT1hASw_kEHHeVD4-mOv9jKaIMo/s400/hermes.jpg
Ciri fisiknya adalah tubuh yang mungil yang selalu mengenakan topi bersayap dan juga sandal bersayap. Ia sangat cepat dalam berkata-kata dan juga berlari. Hermes menjabat sebagai pembawa pesan Zeus dan pemandu bagi roh yang menuju neraka. Hermes memiliki tongkat yang disebut Caduceus.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-n3eEhsYYWpeUhefGE2Yv4z0DWofNKGgMNps2iEmjj4qGsNu6MYrchn30Dsq7ZyNB2KaYFs9b_xpARcqLG59hbWCBLtVIQERwda3qK4cyRVWxPiAtlZqAShpBhOFLr_6Na8oulD2irW0/s400/hermes_1_lg.gif
Ia merupakan dewa penolong bagi Odiseus ketika terjebak pada sebuah pulau. Dari hubungannya dengan Aphrodite, Hermes memiliki anak bernama Hermaphrodite. Hermes adalah dewa yang selalu bergerak. Terompah bersayap dengan tongkat perlindungan ditangannya, ia paling dikenal sebagai utusan Zeus dan pelindung para pengelana. Sesuai dengan itu, ia juga dewa pencuri dan perniagaan.
http://www.vroma.org/images/flood_images/aesclepius.jpg
Dikisahkan pada masa kecilnya ia mencuri kawanan ternak Apollo kemudian membuat harpa dari rumah kura-kura sebagai permohonan maafnya. Dikisahkan ia menolong Odysseus saat pulang dari Troya, dan sejak itu ia dihargai sebagai penolong para pengelana. Terkenal karena kekuatan fisiknya, ia juga dikenal sebagai pencipta olahraga balap lari karena ia selalu berlari cepat untuk menyampaikan pesan para dewa.

sumber: http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/2010/03/hermes-si-dewa-keberuntungan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar